Fitur Klaim Pelanggan Accurate Online

Fitur klaim pelanggan Accurate Online berfungsi untuk melakukan penginputan penukaran barang oleh pelanggan yang masih dalam masa garansi. Proses di dalam fitur klaim pelanggan adalah seperti pada proses pindah barang, yaitu ada proses terima barang dan kirim barang.

Tapi bagaimana cara menggunakannya?

Di artikel kali ini saya akan menjelaskan fitur klaim pelanggan di Accurate Online. Simak penjelasan lengkapnya!

Penjelasan Singkat

Fitur ini mempunyai beberapa fitur dan tombol yang bisa kamu gunakan.

fitur klaim pelanggan accurate online

Keterangan:

  • Tipe Klaim: memilih tipe transaksi klaim pelanggan yang akan kamu buat. Terdapat 2 pilihan, yaitu Terima Barang dan Kirim Barang.
  • Pelanggan: memlih nama pelanggan yang akan melakukan klaim atas barang yang sudah dibeli ke perusahaan.
  • Klaim #: isi dengan nomor urut transaki klaim pelanggan, yang dapat diisi secara manual atau otomatis dari fitur penomoran.
  • Tanggal: isi dengan tanggal terjadinya transaksi klaim pelanggan.
  • Cari/Pilih Barang & Jasa: memilih produk/barang yang akan diklaim oleh pelanggan.
  • Info Lainnya: isi dengan informasi tambahan yang berhubungan dengan transaksi klaim pelanggan tersebut.

Cara Membuat Transaksi Klaim Pelanggan (Terima Barang)

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan fitur klaim pelanggan (terima barang) di Accurate Online.

1. Pertama kamu harus mengaktifkan fiur klaim pelanggan di modul Pengaturan | Preferensi | Fitur, lalu centang pada bagian ‘Klaim Pelanggan‘ pada tab penjualan.

fitur klaim pelanggan accurate online

2. Kemudian isi akun penampung untuk selisih klaim pelanggan dan akun persediaan untuk klaim pelanggan pada fitur Preferensi | Akun Perkiraan.

fitur klaim pelanggan accurate online

3. Selanjutnya masuk ke fitur Klaim Pelanggan di dalam modul Penjualan.

4. Di dalam formulir transaksi Klaim Pelanggan pilih nama pelanggan yang melakukan klaim. Informasi klaim pelanggan akan otomatis terpilih ‘Terima Barang‘.

5. Kemudian pilih nama barang yang akann diretur (klaim) oleh pelanggan, lalu isi jumlah kuantitas barang yang diklaim dan nama gudang untuk menyimpan barang yang dikembalikan.

6. Klik ‘Lanjut‘ untuk melannjutkan dan klik ‘Simpan‘ untuk menyimpan trannsaksi.

7. Jurnal yang terbentuk dari transaksi Terima Barang Klaim Pelanggan adalah sebagai berikut:

Cara Membuat Transaksi Klaim Pelanggan (Kirim Barang)

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan fitur klaim pelanggan (kirim barang) di Accurate Online.

1. Pertama kamu buka fitur Klaim Pelanggan di dalam modul Penjualan.

2. Kemudian pada bagian formulir transaksi kliam pelanggan pilih ‘Tipe Klaim‘ dengan ‘Kirim Barang‘ dan otomatis akan muncul box untuk memilih nomor klaim pelanggan yang sudah diinput.

3. Selanjutya pilih nomor klaim pelanggann yang dimaksud (sesuai dengan bukti klaim pelanggan yang diberikan ke pelanggan) dan akan muncul informasi barang dan jumlah kuantitas barang yang diklaim, lalu klik ‘Lanjut‘.

4. Kuantitas dan nama gudang otomatis sama dengan yang diinnput pada penerimaan klaim pelanggan. Untuk mengubahnya, klik pada barang yang dimaksud dan lakukan pengubahan pada box detail barang.

5. Selanjutnya klik Lanjut dan Jurnal yang terbentuk dari transakdi tersebut adalah sebagai berikut.

Baca juga: Fitur Tukar Faktur Accurate Online

Penutup

Mudah kan?

Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk melakukan penginputan penukaran barang oleh pelanggan yang masih dalam masa garansi.

Nah, jika kamu berminat menggunakan Accurate Online, kami menyediakan fasilitas free trial selama 30 hari. Kami juga menyediakan fasilitas training untuk membantu kamu memperdalam fitur Accurate Online. Untuk pendaftarannya kamu bisa klik tombol dan gambar di bawah ini.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat. Untuk update lainnya, pastikan kamu mengunjungi website Tri Wibowo.