Mencatat Pembelian Aset Tetap Accurate Online

Pembelian aset tetap di Accurate Online dapat dimulai dari permintaan barang lalu dilanjutkan ke pesanan pembelian lalu ke faktur pembelian. Tapi jika pembelian aset tetap ingin dicatat langsung di faktur pembelian, hal ini dapat dilakukan atau ingin dicatat mulai dari pesanan pembelian lalu ke faktur pembelian.

Tapi bagaimana cara menggunakannya?

Di artikel kali ini saya akan menjelaskan cara mencatat pembelian aset tetap di Accurate Online. Simak penjelasan lengkapnya!

Cara Mencatat Pembelian Aset Tetap

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk cara mencatat pembelian aset tetap di Accurate Online.

1. Pertama kamu buka fitur Permintaan Barang di dalam Persediaan.

Mencatat Pembelian Aset Tetap Accurate Online

2. Kemudian pilih Tipe Permintaan yang Beli Barang, lalu klik tombol Pembelian Aset.

Mencatat Pembelian Aset Tetap Accurate Online

3. Maka akan muncul informasi gambar berikut, silakan klik tombol ‘Ya‘ pada pesan yang tampil. Pada tabel Rincian Barang, input dengan informasi Aset Tetap yang kamu beli, seperti Nama Aset Tetap dan Jumlah Kuantitasnya, kemudian klik Lanjut.

Klik tombol Pembelian Aset Tetap di Permintaan Barang

Mengisikan Informasi Pembelian Aset Tetap

Mengisikan Informasi Pembelian Aset Tetap

4. Kemudian transaksi permintaan pembelian aset tetap ini dapat diproses ke transaksi pesanan pembelian, yaitu melalui fitur Pesanan Pembelian di dalam modul Pembelian, pada formulir pesanan pembelian klik pada bagian ‘Ambil‘ lalu pilih ‘Permintaan‘, dan pilih transaksi permintaan aset tetat yang telah dibuatkan sebelumnya.

Proses Permintaan Aset Tetap ke Pesanan Pembelian

Memilih Transaksi Pemintaan Aset Tetap

5. Selanjutnya lengkapi rincian pembelian aset tetap pada formulir pesanan pembelian, yaitu untuk informasi atas @Harga, Diskon, dan Pajak atas pembelian aset tetap tersebut.

6. Proses transaksi pesanan pembelian tersebut ke transaksi Penerimaan barang, Faktur Pembelian, dan Pembayaran Pembelian.

Transaksi Penerimaan Aset Tetap

Faktur Pembelian Aset Tetap

Transaksi Pembayaran atas Pembelian Aset Tetap

7. Setelah kamu membuat transaksi faktur pembelian atas aset tetap, Accurate Online secara otomatis membuatkan draft pencatatan aset tetap yang dibeli tersebut pada fitur Aset Tetap.

8. Kemudian kamu perlu melengkapi informasi pada draft pencatatan aset tetap yang dibeli tersebut, yaitu dengan melengkapi informasi terkait Tanggal Beli & Pakai, Jenis Aset, Metode Penyusutan, Akun-Akun (Aset, Akumulasi Penyusutan, dan Beban Penyusutan), Kuantitas, Umur Aset, dan Kategori Aset.

Melengkapi Data Aset Tetap

Melengkapi Draft Aset Tetap

9. Jika semua informasi aset tetap sudah dilengkapi, silakan simpan pengubahan yang dilakukan tersebut dan Accurate Online otomatis mengubah status draft menjadi data aset tetap.

Baca juga: Fitur Barang Stok Minimum Accurate Online

Penutup

Mudah kan?

Kamu bisa menggunakan cara ini untuk melakukan pembelian aset tetap di Accurate Online. Pembelian aset tetap di Accurate Online dapat dimulai dari permintaan barang lalu dilanjutkan ke pesanan pembelian lalu ke faktur pembelian. Tapi jika pembelian aset tetap ingin dicatat langsung di faktur pembelian, hal ini dapat dilakukan atau ingin dicatat mulai dari pesanan pembelian lalu ke faktur pembelian.

Nah, jika kamu berminat menggunakan Accurate Online, kami menyediakan fasilitas free trial selama 30 hari. Kami juga menyediakan fasilitas training untuk membantu kamu memperdalam fitur Accurate Online. Untuk pendaftarannya kamu bisa klik tombol dan gambar di bawah ini.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai selesai. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat. Untuk update lainnya, pastikan kamu mengunjungi website Tri Wibowo.